Senin, 29 Desember 2014

Sukses Merupakan Akhir Dari Awal Yang Baik


Selamat sore Sahabat Aziz di Catatan Kresna…

Saya akan menceritakan sebuah momen indah yang saya temukan, lihat, dan rasakan dengan seluruh panca indera saya. Kiranya apa itu? Selamat membaca sampai tuntas… ^_^
———————————
Setiap paginya, Sygma Creative Media Corporation (CMC) selalu mengawali aktivitas dengan menunaikan ibadah solat sunat dhuha dan tilawah. Sungguh, itu membawa aura positif bagi seluruh kinerja elemen di perusahan yang bervisi, “Menjadi korporasi media berbasis nilai keluarga yang paling berpengaruh di Indonesia, berfokus kepada industri media kreatif dengan kualitas internasional, jaringan global, dan profitabilitas tinggi.” tersebut. Saat memasuki ruangan kantor, seketika itu pula mushala dipenuhi oleh para pekerja yang sedang menunaikan ibadah solat sunat dhuha. Namun, masih ada hal yang unik yang bisa kita tiru dari pola perilaku keseharian pekerja di perusahaan ini. Tim marketing dari Sygma Creative Media Marcomm (CMM) yang merupakan anak perusahaan dari Sygma CMC memiliki cara yang baik untuk memulai pekerjaannya. Mereka memiliki beberapa agenda setiap paginya.

Agenda pertama. Tim berkumpul dan duduk melingkar pada satu meja. Mereka membawa mushaf Al-Quran masing-masing dan membacanya secara bergiliran. Setelah ada pembukaan yang dipimpin oleh perwakilan di antara mereka, setiap orang pun mulai membaca sesuai dengan gilirannya. Sambil menunggu giliran, anggota tim yang lain mendengarkan dengan seksama dan membenarkan jika terdapat kesalahan saat membaca. Saya menamakan agenda ini dengan, “Tilawah Asik Rame-Rame” (Tentunya itu becandaan saya saja. hehe). Mereka menunaikan ibadah tilawah dengan khidmat sebelum memulai kerja.

Meja ini merupakan saksi bisu forum pagi tim marketing Sygma CMM

Agenda kedua. Ketika setiap orang telah menunaikan bagiannya, tilawah pun ditutup. Belum selesai sampai di situ, kemudian salah seorang dari tim tiba-tiba memulai pembicaraan. Ternyata, beliau mencoba berbagi informasi yang beliau dapatkan dari televisi. Saya menyebut forum ini sebagai, “Forum Berbagi Informasi Islami Dengan Senang Hati” (Tentu saja, itu hanya gurauan saya lagi saja. Hehehe…). Beliau menceritakan sekaligus memberikan argumentasinya terhadap tayangan tersebut. Saya jadi teringat pada mata kuliah literasi media saat di kampus. Beliau tidak hanya menerima informasi secara cuma-cuma, namun beliau juga memberikan hasil analisisnya. Hal tersebut jelas sangat dianjurkan karena dengan menganilisis sesuatu, kita dapat menemukan hal yang dapat dikatakan sebagai sesuatu tersirat/hikmah/subteks daripadanya. Anggota yang lain mendengarkan dengan seksama. Kemudian, setelah anggota pertama selesai berbagi, pemimpin forum pun bertanya, “Apakah masih ada lagi di antara kalian yang akan membagikan sesuatu?”. Jika iya, maka tranfusi informasi dalam FBIIDSI terus berlanjut, jika tidak maka agenda ini pun ditutup.

Agenda ketiga. Awalnya, saya kira forum telah selesai. Ternyata masih ada agenda selanjutnya. Agenda ini merupakan agenda terakhir, saya beri nama, “Ada Masalah? Kami Siap Menemani” (Masih gurauan saya. Hihi). Konten acara ini yakni pemaparan dan laporan tentang hal-hal yang menjadi tanggungjawab wilayah kerja mereka. Detail dari agenda ini adalah anggota tim bertukar informasi terkait masalah-masalah yang mereka temukan di lapangan. Ini bisa disebut diskusi kecil yang berfungsi sebagai pemanasan daya pemikiran anggota. Walaupun tidak semua masalah yang dipaparkan langsung mendapatkan solusinya, setidaknya dengan adanya agenda tersebut mampu memberi bahan pekerjaan tim pada hari tersebut. Setelah dirasa cukup, agenda dan forum pun ditutup.
Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari forum pagi tim marketing Sygma CMM. Di dalam prosesnya terdapat nilai-nilai yang bisa kita teladani guna menghasilkan suatu akhir yang baik dalam pekerjaan kita.  Semua pekerja, profesional, bahkan semua orang di dunia ini ingin berada dalam kondisi sukses. Namun, hanya sedikit orang yang mengerti bahwa sukses merupakan akhir dari awal yang baik. Wallahu Alam…
————————————————
Apakah Anda penasaran kiranya informasi apa yang beliau bagikan? Silahkan simak di judul selanjutnya, “Ternyata, Dajjal Itu Membantu Umat Muslim!”


Tidak ada komentar: