Sabtu, 14 Desember 2013

Mahasiswa Unpad Penerima Bidikmisi Ikuti Pelatihan Softskill untuk Pengembangan Diri

[Unpad.ac.id, 13/12/2013] Ide kreatif bisa didapat dari mana saja. Hal inilah yang dirasakan ratusan peserta Bidikmisi Unpad setelah mengikuti Pelatihan Softskill Bidikmisi Universitas Padjadjaran 2013. Acara dilaksanakan di Pondok Lembang, Jln. Maribaya No. 19, Rabu-Kamis (11-12/12).

Pada acara ini, sebanyak 114 mahasiswa Unpad penerima Bidikmisi tahun 2013 perwakilan dari seluruh fakultas memperoleh pelatihan motivasi dan pengembangan diri. Para peserta dirangsang untuk mengeluarkan ide-ide kreatif dan inovatif, terutama diarahkan untuk mengikuti kegiatan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), dan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Selain itu, para mahasiswa juga diberikan sejumlah materi terkait cara menyeimbangkan antara hardskill dan softskill, agar mereka dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi.

Salah satu peserta, Aris Muda yang merupakan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad ini mengaku banyak mendapatkan ide untuk menciptakan inovasi setelah mengikuti acara ini. Ia malah kesulitan memilih ide mana yang harus lebih dahulu ia wujudkan. Hal senada disampaikan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Aziz Muslim.
“Saya jadi kepikiran loh dengan adanya acara ini. Ternyata dari lirik lagu pun inspirasi itu banyak. Jadi untuk teman-teman yang lain, pekalah terhadap informasi,” tuturnya. Sementara Muhammad Syafarudin, mengatakan bahwa dengan adanya acara ini ia mendapatkan banyak wawasan dan pengalaman, serta teman-teman baru. “Yang paling berkesan sewaktu kita membuat benda dari tubuh. Di situ kerja kelompok sangat diperlukan dan menuntut kekompakkan juga,” tutur mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad ini.

Bertindak sebagai pemateri dan motivator pada acara ini adalah sejumlah dosen Unpad, yakni Hery Wibowo, Maulana Irfan, Dr. Iman Hernaman, Ir. Marsetyo, Dr. Dudi Heryadi, dan Dr. Dharmawan. Materi yang diberikan antara lain konsep diri, pengembangan diri, pengenalan PKM, Mawapres, dan PMW, pengenalan organisasi kemahasiswaan dan beasiswa, serta team building.

Kepala Bagian Kemahasiswaan Unpad, Dadang Abdurahim, SH. mengatakan bahwa dengan digelarnya acara ini, diharapkan para peserta nantinya bukan hanya dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik, tetapi juga mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri. Di acara ini pula, para peserta dapat belajar untuk bersosialisasi, juga termotivasi untuk semangat belajar dan lulus tepat waktu.

“Diharapkan mereka menyadari bahwa kehadiran mereka disini bukan hanya untuk mengikuti perkuliahan atau hanya sekadar mengikuti agenda-agenda rutin. Mereka juga mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri. Jadi disini mereka bisa termotivasi. Mereka bisa tahu kekuatan mereka sendiri, jadi dapat menggali potensi diri mereka,” tutur Dadang. *
Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh *













Berprestasi HARGA MATI!!!


Tidak ada komentar: