Senin, 25 Mei 2015

The Last Note of School of Leader VIII 2015: Sebuah Permulaan

Sebenarnya, saya tergolong kepada mahasiswa yang tertinggal. Bukan masalah informasi yang tidak masuk ke dalam short term memory saya, melainkan belum adanya ketertarikan untuk mengikuti latihan kepemimpinan dan managerial mahasiswa tingkat universitas ini (setahun yang lalu). Sahabat sekelas saya, Mahbub Ubaedi Alwi dan Fadly unggul satu tahun lebih cepat dalam mengikuti acara tahunan ini. Saya pada saat itu, anggap saja masih terbawa arus yang tak menentu.
Saat Mahbub dan Fadly selesai mengikuti pelatihan, sontak saja ada sebuah perubahan yang nyata dari diri mereka. Nampak jelas dari gaya bicara, pola berpikir, dan sikap serta tingkah laku mereka yang lebih elegan dan berwibawa. Ditambah lagi, mereka seakan senantiasa terpanggil untuk mengabdikan diri dan kemampuannya kepada lembaga-lembaga kampus, entah itu di kepanitiaan maupun aktif dalam suatu kepengurusan. Saya dengan beberapa pemahaman yang saya gali dari beberapa literatur berbau kepemimpinan dan agama menyimpulkan bahwa hati mereka terpanggil untuk memberikan sesuatu yang mereka miliki kepada sesama. Mengonsep dirinya sebagai penanggungjawab untuk kemaslahatan orang banyak. Mereka berhenti selalu mementingkan kepentingan pribadi demi kepentingan bersama.
Saya telah menyadari hal itu satu tahun yang lalu. Saya mulai berpikir untuk mengembangkan jaringan dan bisnis kala itu. Sebagai gantinya, saya pun mengonsep diri saya serupa dengan mereka. Alhasil, pintu hati saya terketuk sehingga saya menyiapkan diri saya untuk mengabdi di ranah pelestarian budaya Sunda. Ya, saya bergabung dan menyiapkan diri untuk menjadi pengurus di Lises Unpad masa bakiti 2014/2015.
Dari informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, LKMM memiliki berbagai tingkatan. Dari tingkat dasar, madya, utama, dan kader bangsa. LKMM tingkat universitas yang diprakarsai oleh Kementrian PSDMO BEM Kema Unpad ini dinamakan School of Leader. Sudah ada 8 angkatan yang mengikuti LKMM tingkat madya ini. Angkatan ke-8 ini adalah angkatan saya. Mahbub dan Fadly merupakan lulusan dari angkatan ke-7. Besar harapan saya untuk bisa ikut serta dalam School of Leader 8 kala itu. Saya pun awalnya mendaftarkan diri sebagai non-delegates student.

Tidak ada komentar: